December 6, 2022

Buat kamu yang hari ini patah hati karena gagal masuk UI, nggak apa-apa.  Silahkan sedih, tapi penting buat kamu ketahui hal berikut agar bisa segera bangkit.

  1. Menangis

Kamu boleh nangis, jangan ditahan. Tapi jangan berlebihan. Setelahnya coba kembali tatap masa depan. Sadari bahwa menangis tidak akan menyelesaikan persoalan. Cukup jadikan tangisan sebagai pelampiasan sesaat atas rasa kecewa.

  1. Istirahat Sejenak

Terkadang kita butuh istirahat dari semua rutinintas yang dijalani.  Maka berhentilah sejenak dari pekerjaan kamu sambil menunggu pengumuman SIMAK UI atau seleksi PTN / PTS lain yang kamu inginkan. 

  1. Hindari orang – orang yang membuatmu (kembali) tertekan

Terkadang yang berat dalam hidup bukan soal apa yang kita alami, tetapi tentang bagaimana orang menanggapi atas apa yang kita alami. Tekanan datang bukan dari diri sendiri, tapi juga terkadang dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, hindari bertemu dengan orang-orang yang hanya akan membuat kamu kembali jatuh dan sedih. Banyak orang hanya bisa bicara, tanpa punya solusi dan mengerti situasi. Bila perlu, katakan kepada mereka untuk memahami kondisi kamu dan tidak terus menerus membuat kamu merasa semakin sedih. 

  1. Dunia Tetap akan Berputar

Lulus atau tidak, dunia tidak akan berhenti berputar. Sadarlah bahwa apapun yang terjadi padamu bukanlah akhir dari segalanya. Kamu masih punya masa depan. Fokuslah pada hal-hal di masa mendatang, ikut ujian mandiri misalnya atau persiapan tahun depan.

  1. Evaluasi

Setelah meluapkan kesedihan dan sadar bahwa kamu tidak bisa terus menerus meratapi kegagalan, kini saatnya kamu bangkit dan memikirkan masa depan. 

Ambil kembali buku pelajaran, cari tau kelebihan dan kekurangan kamu, belajar dari kegagalan, cari tau jurusan yang memang sesuai dengan minat bakatmu lagi, Pada tahap ini intinya kamu perlu evaluasi diri dan menyusun strategi untuk tahun depan. Apakah fokus belajar, kuliah di kampus lain terlebih dahulu, atau pilihan lainnya.

  1. Tapi… ini tahun terakhirku bisa ikut UTBK!?

Ya, agak nyesek sih kalau emang udah tahun ketiga. Tapi ingat, bukan berarti itu jadi akhir. Kalau emang secinta mati itu sama UI, kamu bisa kok ikut SIMAK dan ambil kelas Paralel di tahun mendatang! butuh bukti? tonton Youtube duniaui yang ngobrol bareng Andhika Exaudi, FT 2020 yang lulus UI pada tahun ke empat. 

  1. Ikhlas

Ada satu kata yang mungkin bagi sebagian orang dianggap mudah diucap tapi sulit dilakukan: ikhlas. Akan tetapi kata ini benar-benar manjur bikin kita lapang menerima keadaan. Serahkan diri ke Tuhan. Yakinlah kalau tuhan ingin yang terbaik buat kita. Terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurutnya. Jadi gagal sekarang belum tentu merupakan hal buruk untuk kita. Cobalah ikhlas dan menerima keadaan ini. Setidaknya itu akan membuat kamu lebih tenang.

Sekian beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika gagal masuk UI via jalur UTBK tahun 2021. Semoga kamu dapat diterima di jalur SIMAK atau tempat terbaik buat kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *