December 6, 2022
  1. Stop nongkrong yang nggak penting

Yups!!! Disini midun tekanin “nongkrong yang nggak penting” karena nongkrong nggak selalu cuman ketawa-ketawa ghibah ajah. Karena dalam beberapa kasus, nongkrong bisa dijadiin wadah buat sharing-sharing banyak hal. Nah kalo kalian nongkrongnya untuk sharing, silahkan. Ingat ya, sharingnya yang relevan buat perkembangan skripsi kalian.

  1. Tekan biaya pengeluaran

Skripsi nggak melulu soal bimbingan dan ngetik ajah. Kalian juga perlu riset dan observasi juga. Kadang riset dan observasi perlu mengeluarkan biaya yang nggak sedikit. Contohnya, kalian menemukan jurnal internasional yang topiknya sangat relevean dengan skirpsi kalian, namun untuk menggunakan jurnal tersebut diharuskan membelinya. Kan sedih kalo disaat kayak gitu, kita lagi nggak punya uang. Lalu menjelang sidang kita harus print skripsi kita yang jumlah halamannya sampai ratusan, ditambah lagi jika skirpsi kita perlu media pajang.

  1. Jaga hubungan baik dengan pembimbing

Disini kita akan sedikit gambling, karna dosen pembimbing pun ada yang asik dan ada yang “Killer”. Namun siapapun dosen pembimbingnya, ketika sidang mereka akan membela skripsi yang kita presentasikan. Lakukan itikad baik ketika kita ingin bimbingan, seperti membawa cemilan.

  1. Perhatikan judul skripsi

Jangan ambil judul dari saran teman atau orang lain. Ambil judul yang paling kamu kuasai. Karena meskipun orang menyarankan judul yang menurut mereka mudah, kalianlah yang akan mengerjakan judul itu sampai sidang nanti. Kan lucu kalo skripsi udah setengah jalan, trus kelanjutannya kita nggak paham. Bisa skakmat kalian ditembak pertanyaan sama penguji sidang nanti.

  1. Efisiensi waktu

Waktu sangat mudah untuk dibuang, namun sangat sulit untuk dimanfaatkan secara efisien. Butuh konsistensi tingkat tinggi dari diri sendiri biar waktu yang kita punya tetap optimal. Maka dari itu, manfaatkan waktu yang kalian punya untuk mengembangkan skirpsi. Tahan dulu shopping-shopping, jalan-jalan, dan lain-lain sampai sidang selesai. Setelah itu, baru refreshing sepuas yang kalian mau buat melepas semua stress dan penat yang numpuk selama pengerjaan skripsi.

  1. Cari dukungan orang terdekat

Skripsi bukan hal yang gampang buat dijalanin. Banyak diluar sana yang nggak sanggup dan berakhir menyerah sama skripsinya sendiri. Bukan cuman waktu dan materi yang dikuras dalam pengerjaan skripsi, namun emosi dan mental juga ikut terdampak. Maka dari itu, dukungan dari orang-orang tersekat seperti keluarga, sahabat, atau pasangan sekalipun sangat membantu untuk tetap menjaga mental kita tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *