December 6, 2022

Sebagai kampus yang memiliki luas +/- 320 hektar, lokasi antar fakultas di UI cukup beragam. Oleh karena itu tiap fakultas biasanya memiliki lokasi yang kerap dijadikan daerah bermukim sendiri-sendiri. Berikut lokasi kost anak UI berdasarkan fakultasnya. 

  1. Gang Kober – FISIP & FIB

Sebelum ada JPO Kober dan Jembatan “Aborsi”, Gang Kober adalah salah satu lokasi kost paling ramai untuk anak UI, terutama mereka yang kuliah di FISIP dan FIB. Sepanjang jalan kamu bakal ketemu kost-kost an yang beragam, warung makan, tempat laundry, foto copy, dan fasilitas lain yang memang identik dengan pemukiman mahasiswa. Sayangnya sejak ada jembatan aborsi + JPO buat nyebrang dari gang ini melewati jalan Margonda, daerah ini gak lagi seramai dulu.

2. Gang Kapuk – RIK

Jika gang Kober dekat dengan stasiun UI, maka gang Kapuk dekat dengan stasiun Pondok Cina. Mereka yang mendiami tempat ini juga pada umumnya adalah mahasiswa dari Rumpun Ilmu Kesehatan, Psikologi, dan berbagai fakultas lain.

3. Gang Haji Mahali – FISIP, FIB, FH,

Berada di tengah antara gang Kapuk dan gang Kober, gang Haji Mahali juga biasa dihuni mahasiswa dari FISIP, FIB, serta mahasiswa dari kampus lain seperti Gunadarma.

4. Barel St UI & St. Pocin – FH, FISIP, FIB, RIK, F. Psi,

Berbeda dengan Kober, Kapuk, dan Mahali yang “dipisah” oleh Jalan Margonda, Barel relatif lebih dekat ke kampus karena berada di seberang jalan utama di Depok ini. Dibalik kelebihan berupa jarak yang lebih dekat ke kampus, kekurangan barel adalah suara kereta yang relatif mengganggu buat kamu yang belum terbiasa. Mereka yang berada di daerah ini biasanya adalah anak-anak dari FH, FISIP, FIB, RIK, Fakultas Psikologi, dan lainnya.

5. Kutek – FT, FEB.

Kukusan Teknik atau biasa disingkat Kutek adalah “markas” anak Teknik dan FEB. Lokasinya memang sangat dekat karena berada persis di belakang UI, sayangnya ketika hari libur, akses jalan ini relatif cukup terbatas. Kamu harus mutar jauh jika ingin ke jalan Margonda atau pusat perbelanjaan seperti Margo City, Detos, dan lainnya. 

6. Kukel – Vokasi, FT

Kukel adalah singkatan dari Kukusan Kelurahan. Vibes Kukel relatif mirip dengan Kutek karena masih tetanggaan. Bedanya Kukel mayoritas didiami oleh anak-anak dari jurusan Vokasi.

Selain lokasi tersebut, anak UI dari daerah juga biasanya tinggal di Asrama, apartment, area Jagakarsa, dan lain sebagainya. Kalau kamu tinggal di mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *