December 6, 2022

Tahukah kamu, UI mempunya jalur bis kuning berwarna merah dan biru. Pertanyaannya adalah: kenapa harus warna biru dan merah ? kenapa gak hitam dan putih? Nila dan ungu? atau warna coklat dan merah jambu? hehehe.

Pertama, warna dasar terdiri dari Biru, Merah, dan Kuning. Karena cuma 2 jalur, dipilihlah warna biru dan merah, bukan merah dan kuning atau kuning dan biru, sebab kuning sudah jadi warna dominan di bis atau ikon UI lainnya.

Kedua, sesuai rute jika POV nya dari Asrama atau Stasiun UI. Merah identik dengan Fakultas Hukum dan Biru adalah Fakultas Teknik. Nah dua warna ini menggambarkan rute yang akan dilalui oleh Bikun itu sendiri, kalau mau lurus (dari Stasiun UI) misalnya, seperti ke FH, RIK, maka terbaik adalah pilih bikun jalur merah yang akan melewati FH. Lain hal apabila mau ke FEB, FISIP, FIB, atau fakultas lain yang dekat dengan FT, maka ambil lah jalur biru. Intinya sih ini sebagai gambaran biar kita mudah inget aja. Jalur Merah kalau mau ke arah FH dan sekitarnya, Biru kalau mau ke arah FT dan sekitarnya. Alasan ini gak dikeluarin secara resmi oleh UI ya, cuma fikiran penulis aja hehe.

Tapi  kalau benar begitu, keren juga ya pencetus hal ini, karena kalau difikir-fikir, detail banget gitu. Kenapa gak arah FT itu warna merah? kenapa ga FH yang biru? jadi emang bener-bener keren sih wkwk.

TIPS:  Buat kamu anak FPsikologi, FISIP dan FIB, kalau buru-buru bisa naik jalur mana aja, turun di Stasiun UI, terus jalan kaki deh ke fakultas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *