December 6, 2022
Penulis: Ihsanul Afwan

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa, khususnya di UI bukan cuma jadi tanda pengenal. Terdapat beberapa kesaktian KTM ini mulai dari alat pembayaran elektronik (Tap Cash) sampai bikin polisi ga jadi nilang!

1. Bayar Tol

KTM UI yang merupakan hasil kerjasama dengan BNI 46 ini bisa jadi alat pembayaran di Tol. Cukup isi saldo di ATM atau Indomaret terdekat, kamu bisa gunakan KTM mu sebagai e-toll

2. KRL dan Transjakarta

Seperti sebelumnya, KTM yang juga merupakan BNI Tap Cash ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran Commuter Line dan TransJakarta. Integrasi ini sangat membantu kan?

3. Sebagai alat pembayaran Elektronik

KTM UI juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran pada berbagai merchant seperti Indomaret, Alfamart, hingga kantin di UI yang telah menyediakan mesin Tap Cash BNI

4. Batalin Tilang Polisi**

Nah kalau ini pengalaman pribadi penulis ketika liburan ke Pattaya Thailand tahun 2017 lalu. Saat itu saya menyewa motor dan ga sengaja lewat jalan satu arah. Eh ternyata udah ada polisi yang “jagain” jalan walau masih jam 6 pagi waktu itu. Awalnya disuruh bayar +/- 2.000 THB atau sekitar 900.000 IDR, tapi karena masang muka melas dan nunjukin KTM UI buat bilang kalau masih mahasiswa, Polisinya kasian dan ngelepasin juga. wkwkwk.

Itulah beberapa kesaktian KTM UI. Ada yang punya pengalaman serupa? Sharing di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *