December 6, 2022
Penulis: อิซานูล อัฟวาน

Sebagai salah satu PTN terbaik negeri, UI senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan menjawab kebutuhan pasar dengan membuka jurusan baru. Tahun 2021 misalnya, terdapat 14 jurusan baru dari berbagai jenjang (D4-S1-S2) seperti Bisnis Kreatif dan Produksi Media yang sangat relate dengan masa sekarang. Akan tetapi jika kita berandai-andai, salah satu jurusan baru yang mungkin perlu dipertimbangkan oleh UI untuk dibuka adalah Sastra Thailand atau mungkin bernama Bahasa dan Kebudayaan Thailand. Berikut beberapa alasan yang membuat jurusan ini bukan tidak mungkin untuk dibuka.

  1. Kebudayaan yang Unik

Berbicaya kebudayaan, banyak sekali hal unik yang bisa dipelajari dari Thailand, mulai dari bahasa, sejarah, hingga seni. Keunikan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk membuka jurusan baru itu.

  1. Berbagai Industri Berkembang Pesat

Industri Hiburan termasuk media (musik, film dan drama) di Thailand berkembang cukup pesat. Ada banyak film Thailand yang “meracuni” orang-orang dari berbagai negeri termasuk Indonesia untuk mulai melirik dan mengunjunginya. Tidak mungkin satu persatu judul disebut, tetapi yang terbaru misalnya: Girl from Nowhere yang masih hangat dan jadi perbincangan. Selain itu industri kecantikan di Thailand juga berkembang. Thailand bisa disebut sebagai “Korea” nya Asia Tenggara. Banyak orang melakukan operasi wajah hingga kelamin di negeri yang memang terkenal cukup terbuka terhadap hal tersebut.

  1. Thailand mirip Korea

Thailand saat ini sekilas mirip Korea Selatan pada era 2000-an, di mana perkembangan pariwisatanya mulai meningkat sebanding dengan industri hiburan yang mulai mendunia. Orang-orang menjadi tertarik berkunjung akibat menonton film atau drama. Persis seperti yang dilakukan Thailand saat ini. Jumlah wisatawan Thailand juga menjadi yang terbesar di ASEAN. Terlepas pandemi saat ini, industri pariwisata ini akan masih berkembang nanti. 

  1. Peluang Kerja Terbuka Lebar

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu output penting yang diharapkan oleh tiap orang adalah pekerjaan. Melihat perkembangan Thailand kedepan dan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dihasilkan dari lulusan prodi baru ini jika memang ada. Misalnya sebagai pengamat, translator, diplomat, dan tentu dapat bekerja pada sektor swasta: di perusahaan Thailand yang juga sudah banyak go Internasional atau memerlukan pekerja dari Indonesia.

  1. Belum ada Jurusan Baru di FIB UI.

Hingga saat ini belum ada penambahan jurusan baru di FIB UI. Terakhir Bahasa dan Kebudayaan Korea berdiri tahun 2006. Mengingat jumlah calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI dan perkembangan Thailand yang dipaparkan tadi, bisa jadi suatu saat jurusan ini benar-benar akan dibuka.

Itulah beberapa alasan mengapa UI sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membuka jurusan baru ini, entah bernama Sastra Thailand atau Bahasa dan Kebudayaan Thailand. Andai jurusan ini beneran dibuka dan ada kelas paralel nya, penulis juga mau daftar dan jadi salah satu mahasiswa pertama di jurusan ini. 5555.

btw gimana nih pendapat kalian ? Selain itu, jurusan apa lagi yang kira-kira potensial buat dibuka UI menurut teman-teman? Tulis di kolom komentar ya, nanti kita bahas pada part berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *