December 6, 2022

Seiring meredanya pandemi Covid-19 dan pelonggaran berbagai aturan, sektor pendidikan yang selama ini menerapkan pembelajaran jarak jauh pun mulai berbenah. Beberapa jurusan yang telah mulai menerapkan kuliah offline pun kemungkinan akan diikuti oleh jurusan lain atau mungkin satu kampus secara keseluruhan, termasuk Universitas Indonesia. Nah buat kamu anak UI yang dari daerah atau yang emang butuh tempat tinggal dan terfikir untuk ngontrak bareng teman, ketahui dulu hal berikut. 

  1. Bersiap “cekcok” dengan teman

Jika ngontrak bareng teman, kita harus bersiap tidak akan selalu sepaham. Bakal banyak hal yang mungkin tidak sesuai dengan pandangan atau style hidup kita, misalnya soal kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan lainnya. Perbedaan tersebut dapat saja membuat kita sesekali geram dan dapat bertengkar dengan teman. Oleh karena itu, kita harus bersiap menghadapi hal ini.

2. Rumah “Milik Bersama”

Kontrakan identik dengan sebuah tempat tinggal yang punya banyak kamar, biasanya terdapat dapur, kamar mandi, ruang tengah, atau halaman yang memang dapat digunakan oleh seluruh penghuni kontrakan, berbeda dengan kost an yang biasanya hanya berhak atas 1 kamar. Oleh karena itu, segala fasilitas tempat tinggal ini tentu akan digunakan oleh kamu yang ngontrak bareng. Nah bakal ada masalah ketika misalnya kamu punya barang yang diletakkan di tempat bersama itu, misalnya gelas, piring, peralatan mandi, atau kulkas yang kamu letakkan di dapur. Terkadang teman ngontrak menggunakan barang tersebut seenaknya dan kurang dijaga. Maka resiko ini harus kamu ketahui. Bersiaplah untuk “makan hati” menghadapi hal tersebut, kecuali kamu orang yang ikhlas dan gak mikirin hal tersebut, hehehe. Tapi sepengalaman penulis, nggak mungkin ga ada rasa “gedek” ketika barang milikmu digunakan tanpa izin atau rusak karena teman sekontrakan hehee. 

3. Cara Meminimalisir Masalah

Banyak masalah terjadi karena tinggal bareng. Bayangkan kamu akan tiap hari ketemu temanmu itu, melihat mukanya dari bangun tidur, sebelum kuliah, hingga pulang kuliah dan istirahat. Kamu bakal ngalamin banyak hal yang mungkin membuatmu cukup kaget hidup bareng. Nah untuk meminimalisir masalah tersebut, coba ketahui hal apa yang membuatmu tidak nyaman. Misalnya ketika kamu tidak suka gelasmu digunakan dan tidak dibersihkan kembali, maka coba taruh gelasmu di dalam kamar. 

4. Terbuka dan Jaga Komunikasi

Kita mungkin dapat meminimalisir masalah seperti menyimpan barang “sangketa” di dalam kamar. Akan tetapi cobalah komunikasikan terlebih dahulu hal tersebut kepada teman sekontrakan. Katakan padanya untuk bertanggung jawab, menjaga kebersihan, atau hal lain yang mungkin dapat kalian sepakati bersama. Mengkomunikasikan hal ini bagai membentuk jembatan penghubung antara kalian, sedangkan menyimpan barang milikmu bagai memutus jembatan tersebut. Meski demikian, perlu diingat bahwa ini hanya untuk kasus tertentu. Jika kamu memang benar-benar merasa tidak nyaman dan tidak lagi dapat mengkomunikasikan hal itu kepada teman, maka menyimpan barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, pakaian dalam, dan barang lain yang sering kalian permasalahkan, bukanlah sebuah cara yang dilarang. 

5.Ketahui Karakter Diri

Ketahui apakah kamu termasuk orang yang selow jika melihat sebuah sampah, terbiasa mencium bau keringat, atau orang yang fun atas segala persoalan. Atau apakah kamu orang yang rapi, bersih, dan tidak nyaman melihat negasi dari kebiasaanmu itu? Kemudian bagaimana dengan temanmu? apakah ia termasuk orang yang cukup bisa diajak kompromi? dapat berkomunikasi dengan baik? ketahui dan diskusikan hal tersebut bersama temanmu terlebih dahulu. Jangan sampai hubungan kalian yang tadinya dekat hingga berani dan mau ngontrak bareng, malah jadi semakin renggang atau menghilang. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui jika ingin ngontrak bareng teman. Kira-kira setelah baca ini, apakah kamu semakin yakin ngontrak bareng atau malah mikir ulang? Tulis di kolom komen ya kita diskusiin! hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *